8 Calon Taruna Akpol 2024 Dinyatakan Lulus Terpilih Panda Polda Sulteng

Palu, Teraskabar.id – Wakapolda Sulteng Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko, SIK memimpin pelaksanaan sidang akhir kelulusan tingkat panitia daerah (Panda) penerimaan Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) tahun anggaran  2024, Rabu (3/7/2024), di Rupatama Polda Sulteng.

Di awal seleksi terdapat 77 pendaftar, terdiri 71 pria dan 6 wanita yang terus bersaing tahap demi tahap seleksi hingga akhirnya menyisakan 18 orang. Mereka itu terdiri dari 16 pria dan 2 wanita.

Baca juga20 Calon Taruna Akpol Lolos Seleksi dari Sulteng, Kuota Polda 10 Orang

Selaku pimpinan sidang, Wakapolda Sulteng didampingi Irwasda yang diwakili Kombes Pol. Boyke F.S Samola, Kabidpropam Kombes Pol. Ian Rizkian Milyardin, para pejabat utama, ketua tim dan panitia, pengawas internal dan eksternal, perserta seleksi bersama orang tua/wali.

Membacakan sambutan Kapolda Sulteng, Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko mengatakan, sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 10 Tahun 2016 tentang penerimaan calon anggota Polri, bahwa seleksi penerimaan anggota Polri terdiri dari banyak tahapan seleksi yang harus dilalui oleh para peserta sebelum akhirnya dinyatakan lulus terpilih untuk mengikuti pendidikan.

Berbagai tahapan seleksi ini bertujuan untuk menghasilkan personel Polri yang sehat, cerdas dan berintegritas serta bermoral tinggi.

“Penerimaan taruna Akpol merupakan bagian dari penyediaan sumber daya manusia Polri yang bertujuan mencapai sasaran kekuatan dengan memilih warga negara yang berkualitas untuk menjadi seorang perwira Polri,” ujarnya.

Baca juga315 Calon Bintara Polri Polda Sulteng Lolos Seleksi

Mereka yang terpilih lanjutnya, diharapkan mampu berperan sebagai first line supervisor yang memiliki kemampuan teknis dalam mengemban fungsi operasional kepolisian.

Untuk itu, terkait kegiatan sidang akhir kelulusan tingkat panda penerimaan taruna Akpol tahun anggaran 2024, ada beberapa hal yang disampaikan Wakapolda.

Pertama, kepada calon taruna Akpol yang dinyatakan lulus terpilih, agar tidak larut dalam kegembiraan karena masih ada tahapan seleksi tingkat pusat yang akan dilalui. Persiapkan fisik dan mental sebab kalian akan bersaing dengan para calon taruna Akpol se-Indonesia yang merupakan calon taruna terbaik dari Poldanya masing-masing.

Kedua, kepada calon taruna Akpol yang dinyatakan lulus tidak terpilih agar tidak kecewa dan berkecil hati karena ini bukanlah akhir dari segalanya, masih ada seleksi penerimaan anggota Polri tahun berikutnya. Hal-hal yang menjadi kekurangan di tahun ini agar dievaluasi dan segera lakukan perbaikan sehingga di tahun depan adik-adik yang belum lulus terpilih, dapat menjadi salah satu peserta yang lulus terpilih.

Baca juga: 267 Siswa Mengikuti Diktuba Polri di SPN Polda Sulteng

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wakapolda mengingatkan kembali kepada para peserta seleksi bahwa apapun hasil yang diumumkan pada sidang akhir kelulusan tingkat panda penerimaan taruna Akpol tahun anggaran 2024 ini, adalah hasil yang dapat dipertanggungjawabkan dan terbaik berdasarkan kemampuan masing-masing.

Sementara itu Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol. Djoko Wienartono mengungkapkan, bahwa para peserta seleksi taruna/i Akpol yang telah berhasil melewati tahapan-tahapan seleksi yaitu sebanyak 18 orang,  terdiri dari 16 pria dan 2 wanita.

“Pelaksanaan sidang ini akan menghitung akumulasi nilai dari rangkaian tahapan penerimaan taruna/i Akpol yang telah dilaksanakan, meliputi: nilai psikologi, nilai akademik dan nilai jasmani,” jelasnya.

Dan hasilnya, 8 orang telah dinyatakan lulus terpilih terdiri dari 6 pria dan 2 wanita serta 10 orang dinyatakan lulus tidak terpilih terdiri dari 10 pria. Mereka yang dinyatakan lulus terpilih selanjutnya akan mengikuti seleksi tingkat pusat di Akpol Semarang Jawa Tengah,  8 Juli 2024.

Joko mengingatkan, tentunya seleksi di tingkat pusat akan lebih ketat lagi karena akan bersaing dengan peserta lain di wilayah Indonesia, sehingga diharapkan untuk jaga kesehatan dan terus belajar.

“Semoga 8 orang akan dinyatakan lulus terpilih oleh panitia pusat,” harapnya. (red/teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *