BAN-PDM Gandeng UIN Datokarama Palu Tingkatkan Mutu Madrasah di Sulteng

Palu, Teraskabar.id – Badan Akreditasi Nasional Pendidikan PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (BAN-PDM) Provinsi Sulawesi Tengah menggandeng Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu untuk bersama – sama meningkatkan mutu madrasah di wilayah kerja BAN-PDM Sulteng.

Rektor UIN Datokarama Palu Prof. H. Lukman Thahir, Rabu (19/6/2024), di Kota Palu,  menyatakan bahwa komitmen bersama untuk meningkatkan mutu madrasah, merupakan satu upaya kebangsaan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca jugaKetua Utama Alkhairaat Apresiasi Perhatian Pimpinan Daerah Membesarkan Madrasah Alkhairaat di Daerahnya

“Tentu ini karena adanya kesamaan visi yang diikutkan dengan komitmen untuk membangun negeri,” kata Prof. Lukman.

Komitmen bersama meningkatkan kualitas mutu madrasah, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understunding/MoU) antara Ketua BAN-PDM Provinsi Sulteng Doktor Gazali Lembah, dengan Rektor UIN Datokarama Palu Prof. H. Lukman Thahir.

Penandatanganan MoU tersebut berlangsung di Kampus UIN Datokarama, di Kota Palu, Provinsi Sulteng, Rabu (19/6/2024).

Dalam naskah MoU tersebut, disebutkan bahwa salah satu maksud dan tujuan dari nota kesepahaman tersebut yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan madrasah. Di samping itu, MoU tersebut bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta kualitas sumber daya manusia.

Baca jugaTingkatkan Mutu Layanan JKN, BPJS Kesehatan Dukung Pengembangan Kompetensi Dokter

Ruang lingkup nota kesepahaman tersebut mencakup melaksanakan kegiatan di madrasyah meliputi RA, ibtidaiyah, tsanawiyah, aliyah, dan pondok pesantren. Melakukan pendampingan kepada madrasah dalam mengisi dan memutakhirkan data pada dapodik.

Kemudian, melaksanakan sosialisasi perangkat akreditasi, melakukan pendampingan kepada madrasah yang belum diakreditasi, madrasah yang tidak terakreditasi,
maupun kepada madrasah yang akreditasinya berakhir.

Serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan peningkatan mutu madrasyah khususnya peningkatan mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen kepala sekolah.

“Termasuk di dalamnya melaksanakan peningkatan tri dharma perguruan tinggi di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujar Rektor UIN Datokarama Palu. (***/teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *