Gubernur Sulteng: Smart Fishing Bisa Mewujudkan Kedaulatan Pangan

PALU, Teraskabar.id– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdi Mastura memberikan apresiasi pada launching (peluncuran) smart fishing yang digagas oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulteng, bertempat di Pelabuhan Perikanan Ikan (PPI) Donggala, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Selasa (23/11/2021).

“Saya mengapresiasi dan turut gembira atas launching smart fishing. Dengan menerapkannya, saya optimistis akan menjadi solusi meningkatkan daya saing dan kesejahteraan nelayan Sulteng serta mewujudkan kedaulatan pangan,” kata Gubernur Sulteng, Rusdi Mastura dalam sambutannya.

Cudi sapaan akrab Gubernur Sulteng mengatakan, dengan keunggulan teknologi tersebut, setidaknya nelayan dapat menentukan lokasi penangkapan ikan yang maksimal di laut dari infomasi satelit kepada nelayan.

Selain itu, nelayan juga bisa saling mengabarkan dan memberikan informasi, serta mengetahui infomasi cuaca dan navigasi laut secara online.

“Smart fishing adalah inovasi sekaligus desain besar bagi pembangunan sektor kelautan dan perikanan Sulteng yang diharapkan mendapat dukungan dan kerjasama semua pihak,” ujarnya.

Untuk itu, Cudi juga memohon agar kementerian atau instansi terkait di pemerintah pusat dapat mengadvokasi dan membina pemerintah daerah, khususnya dalam kaitan transfer teknologi dan pengetahuan kepada nelayan-nelayan di Sulteng dalam mengoperasikan smart fishing.

“Kami juga menginformasikan bahwa belum lama ini Pemrov Sulteng baru saja menyepakati perjanjian kerjasama dengan Pemerintah DKI Jakarta yakni Sulteng akan mensuplai kebutuhan pangan warga ibu kota seperti beras, daging udang dan ikan,” ujarnya.

Cudi berharap dari kerjasama Pemrov Sulteng dan DKI Jakarta dapat menjadi peluang bagi perusahaan daerah khususnya di sektor perikanan.

“Saya harap peluang ini dapat ditindaklanjuti para pelaku usaha di sektor perikanan, terlebih lagi bagi perusahaan daerah sehingga hasilnya dapat memberi manfaat kesejahteraan kepada daerah dan masyarakat Sulteng,” katanya. (din/teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *