Kompolnas Apresiasi Program Budikdamber, Ini Tanggapan Kadis Perikanan Donggala

Donggala, Teraskabar.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala melalui Dinas Perikanan, secara tidak langsung membantu program pemerintah pusat dalam penurunan dan pencegahan stunting dan pemulihan ekonomi melalui kerjasama dengan Polres Donggala dalam program budi daya ikan dalam ember atau Budikdamber

Budikdamber ini bahkan mendapat apresiasi oleh Sekeretaris Kompolnas Beny Jozua Mamoto saat berkunjung ke Mako Polres Donggala beberapa waktu lalu. Beny mendengar langsung pemaparan Kadis Perikanan Donggala Ali Assagaf beberapa program kerjasama dengan Kapolres Donggala, AKBP Efos Satria.

Baca jugaBegini Tanggapan Tokoh Muda Donggala terhadap Mantan Kapolda Sulteng, Irjen Rudy Sufahriadi

Saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/7/2024), kepada awak media, Ali menjelasakan program Budikdamber merupakan hasil dari MoU antara Polres Donggala dengan Dinas Perikanan Donggala.

“Tujuannya untuk menurunakan angka stanting dan menambah penghasilan bagi masyarakat jika program bisa dilakukan oleh masyarakat di pekarangan rumahnya masing masing,” katanya.

Baca jugaMarak Alat Peraga Sosialisasi Bacaleg, Begini Tanggapan Bawaslu Sulteng

Menurut Ali, program ini selain memenuhi kebutuhan akan protein hewani yang didapatkan dari ikan, teknik budi daya yang mengadopsi sistem akuaponik ini juga menghasilkan sayuran untuk dikonsumsi.

Ia mengemukakan bahwa program tersebut sebagai tindak lanjut dari program ekonomi biru atau blue ekonomi yang menggabungkan pemanfaatan sumber daya laut dengan pendekatan berkelanjutan.

“Teknologi yang sederhana ini juga dapat menjadi bahan pembelajaran bagi anggota keluarga maupun anggota kelompok masyarakat. Karena sistemnya yang sederhana, Budikdamber dapat diimplementasikan oleh siapa saja mulai dari ibu rumah tangga hingga anak- anak remaja,” tutupnya. (jalu/teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *