KPU Parimo Verifikasi Faktual Dukungan Bapaslon Perseorangan Mulai 21 Juni 2024

Parimo, Teraskabar.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng) mulai melaksanakan tahapan verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) dari jalur perseorangan atau non-partai pada 21 Juni 2024.

Tahapan Pilkada Parimo 2024 yang melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS)  tersebut akan berlangsung hingga 4 Juli 2024.

Baca jugaDua Bapaslon Perseorangan di Parimo TMS Hasil Vermin, Begini Keputusan KPU 

“KPU melalui PPK dan PPS melakukan verifikasi faktual ke pendukung masing-masing Bapaslon dengan cara sensus,” kata Ketua KPU Parimo, Ariyana pada vermin perbaikan ke satu Bapaslon perseirangan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2024, di aula KPU setempat, Selasa (18/6/2024) malam.

Ia mengatakan, apabila pada saat verifikasi, petugas atau verifikator tidak menemukan pendukung Bapaslon dimaksud, maka tiga hari setelah itu Bapaslon atau Liaison Officer (LO) bisa mengumpulkan pendukung di suatu tempat yang disepakati, misalnya di sekretariat PPS.

“Jadi pendukung yang berkumpul ini membawa kartu tanda penduduk (KTP). Kemudian, jika tidak bisa hadir di tempat itu mereka bisa melakulan video call atau VC,” ujarnya.

Baca juga: Begini Jumlah Dukungan 3 Bapaslon Perseorangan di Parimo

Langkah tersebut dilaksanakan guna memastikan dukungan mereka ke salah satu Bapaslon melalui bukti KTP.

“Saat itu pendukung diminta untuk memperlihatkan KTP guna memastikan dukungan mereka ke salah satu Bapaslon,” katanya.

Setelah itu, ada tahapan perbaikan lagi hasil verifikasi faktua. Misalnya, jika ada beberapa pendukung tidak memenuhi syarat akan diganti dengan 2 dukungan, untuk mengganti syarat dukungan yang dianggap tidak memenuhi syarat.

Baca jugaKPU Tetapkan Torki-Eben TMS, Nihil Bapaslon Perseorangan di Pilkada Sigi 2024

Menurut Ariyana, dukungan untuk pasangan Isram – Nasar berjumlah 28.981 orang tersebar di 23 kecamatan di daerah itu. Kemudian, pasangan Osgar Matompo – Alina A. Deu sebanyak 32.480 orang tersebar di 23 kecamatan.

“Jadi, puluhan ribu jumlah pendukung ini nantinya akan didatangi oleh PPS untuk diverifikasi dalam waktu  2 pekan,” katanya. (wad/teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *