Nizar Rahmatu Inginkan PORKAB Morowali Lahirkan Atlet Sulteng Emas

Morowali, Teraskabar.id – Ketua umum KONI Sulteng M. Nizar Rahmatu menghadiri Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) perdana tingkat Kabupaten Morowali yang dibuka langsung  Bupati Morowali Drs Taslim, serta dihadiri Wakil Bupati Dr Najamudin, Ketua umum KONI kabupaten Morowali Hj. Arnila M. Ali serta unsur Muspika Morowali. Hadir juga jajaran pengurus KONI Sulteng  Warsita, Dr Humaedi dan Dr Hibban Toana.

Pembukaan Porkab dilaksanakan di lapangan Sangiang Kinambula, Ahad (13/3/2022) sore.

Ketua Umum KONI Sulteng M. Nizar Rahmatu berharap melalui Porkab perdana di Morowali ini bisa menyumbang atlet yang bisa menjadi jagoan Sulteng Emas.

“Dari Morowali ini telah melahirkan atlet yang menjadi sejarah prestasi Sulteng pada waktu PON Papua. Ada atlet muaythai, dayung dan Rafik Fitra yang berhasil meraih medali perak dari Cabor taekwondo,” kata Nizar.

Untuk kemajuan olahraga, kata Nizar, perkembangan olahraga di Morowali harus mendapatkan dukungan semua pihak termasuk swasta. Menurutnya, dengan disahkannya UU Keolahragaan yang baru, memungkinkan sumber dana dari sponsor yaitu CSR membiayai olahraga.

Nizar juga menyampaikan amanat Presiden Joko Widodo terkait Inpres No 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Sepak Bola, yang menjadi payung hukum pembinaan sepak bola di desa-desa bahkan di tingkat dusun.

Nizar menambahkan, semangat keolahragaan pada Porkab ini harus dibarengi dengan sikap sportivitas. Sebagaimana amanat Gubernur Sulteng dan juga Bapak Olahraga Sulteng H. Rusdy Mastura melalui program Sulteng Emas yang menekankan seleksi atlet berdasarkan prestasi.

Walaupun atlet itu dari gunung, daerah terpencil kalau dia berprestasi harus direkrut menjadi bagian atlet Porprov. Dari seleksi Porprov ini kemudian diharapkan lahir atlet yang benar- benar berbakat dipersiapan Sulteng Emas 2024.

Pria kelahiran Parigi Moutong ini juga mengapresiasi atas terselenggaranya Porkab Morowali.

“Kami selaku Ketum Provinsi Sulteng Porkab  ini terasa luar biasa. Meskipun baru pertama kali, tetapi dari 13 kabupaten dan Kota di Sulteng kabupaten Morowali ini yang ketiga melaksanakan Porda setelah Banggai dan Parigi Moutong,” ujar Nizar. (teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *