Tiga Provinsi di Sulawesi Sepakat Jadi Penyelenggara Bersama PON XXII 2028

Makassar, Teraskabar.id –  Tiga provinsi di Sulawesi sepakat dan siap jadi tuan rumah bersama penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII tahun 2028. Ke tiga provinsi tersebut adalah  Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Gorontalo (SulseltengGo).

Sebelumnya Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Gorontalo telah membangun komitmen dan kesepahaman bersama. Bahkan dua provinsi ini telah menggelar workshop sebagai langkah awal menuju proses bidding pada bulan Juli mendatang.

Baca juga: Sepakati Ikut Bidding Tuan Rumah PON 2028, Sulseltenggo Akan Deklarasi dan Gelar Workshop

Baca juga: Tuan Rumah Bersama PON 2028: Sulteng Disarankan Menggandeng Dua Provinsi

Pertemuan silaturahmi antara Ketum KONI Sulteng M Nizar Rahmatu, Sekum Husin Alwi, Bendum Andi Nur B Lamakarate, Direktur Eksekutif Muh Warsita dan Ketua Binpres Dr Humaedi bersama  Ketum KONI Sulsel Yasir Susanto Muchmud dan Sekum, Mujiburrahman di Pagi Hari Coffee Kompleks Citra Land Makassar, 13 April 2022, melahirkan kesepatakan baru, Sulsel juga siap bergabung dan menjadikan Celebes sebagai tuan rumah PON 2028.

” Kesepakatan bersama ini bakal mengulang sejarah tahun 1957, di mana Sulsel pernah menjadi tuan rumah PON ke IV. Namun kali ini,  tiga provinsi di Sulawesi sepakat dan berkeinginan untuk menjadi penyelenggara,” kata M Nizar Rahmatu.

Nizar berharap, sejatinya  keinginan dan harapan besar masyarakat kawasan Timur Indonesia ini, didukung oleh seluruh KONI di Indonesia. Sulsel memang pernah menjadi tuan rumah PON namun itu masih di era Orde lama. Selebihnya,  tidak pernah lagi Pulau Sulawesi diberikan ruang dan kesempatan untuk menyelenggarakan pesta olahraga terakbar di Indonesia.

” Makanya sudah saatnya SulseltengGo menjadi tuan rumah PON 2028,”  ujarnya.

Nizar juga memberikan apresiasi kepada KONI Sulsel, karena telah merespon keinginan insan- insan olahraga di bumi Sulteng dan Gorontalo untuk menjadi tuan rumah bersama.

“Dengan bergabungnya Sulsel, ini akan menjadi lokomotif baru karena Sulsel juga adalah saudara kandung dari Sulteng dan Gorontalo. Intinya Celebes ingin meretas sejarah baru dunia olahraga di Negeri ini,” kata Nizar.

Ia yakin dan optimis SulseltengGo akan memenangkan proses bidding sebagai tuan rumah bersama PON XXII 2028. Makanya hasil pertemuan ini akan disampaikan kepada Ketum KONI Gorontalo. Karena bagaimana pun, bergabungnya Kota Daeng akan menjadi energi baru dalam perebutan suara penetapan penyelenggara PON.

” Ini menyangkut harga diri dan martabat masyarakat Celebes,” katanya.

Sementara Ketum KONI Sulsel Yasir Susanto Muchlis sangat merespon niat dan keinginan besar ini. Bahkan katanya, ini sebuah kebanggaan bagi Sulsel  diajak bergabung oleh Sulteng dan Gorontalo  menjadi tuan rumah PON 2028.

” Hasil pertemuan ini pun akan saya komunikasikan kepada  bapak Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. Dan Insya Allah, pak Gubernur akan senang dan memberikan respon,” tuturnya.

Pertemuan tadi malam akan ditindaklanjuti dalam agenda workshop tiga provinsi, sehingga betul-betul Celebes siap dari berbagai hal saat bidding. ” Termasuk akan membentuk tim guna menyusun bidding tuan rumah PON,” ujarnya. ( Agus Manggona/teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *