Wagub Sulteng Serahkan Sejumlah Bantuan Pemerintah kepada Masyarakat Banggai

Banggai, Teraskabar.idWakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma’mun Amir menyerahkan bantuan Program Gerak Cepat Pengentasan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat, yang dirangkaikan dengan penyerahan bantuan ambulance, bantuan PLTS, perahu dan tali rumpon secara simbolis kepada masyarakat di Kantor Bupati Kabupaten Banggai, Selasa (28/11/2023).

Dalam sambutannya, Wagub Sulteng mengatakan, pembangunan infrastruktur yang ada di Kabupaten Banggai hampir rata-rata sudah diselesaikan di antaranya, jalan Boalemo, Kadueng, jalan Inpres dari Balantak hingga Lamala, oleh pemerintah pusat yang akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi sudah selesai dan sudah diperiksa.

“Jalan lingkar luwuk juga akan dikerjakan,  mudah-mudahan semuanya ini bisa terlaksana sebagaimana yang kita harapkan,” ujarnya.

Baca jugaPria Paruh Baya di Kulawi Sigi Ditemukan Tewas Tergantung di Ruang Dapur

Untuk itu, Wagub berharap, bantuan ini bisa bermanfaat kepada masyarakat, tentunya koordinasi antara provinsi dan kabupaten tetap berjalan dengan baik sehingga program pemerintah dalam gerak cepat dalam pengentasan kemiskinan dapat terwujud dengan baik.

“Saya berharap bantuan ini dapat dipelihara dengan baik sebab, memelihara dan merawat lebih sulit dari pada membangun, namun bukan berarti tidak mampu untuk mewujudkannya, tergantung kita yang menjalankannya,” harap Ma’mun Amir yang juga mantan Bupati Banggai periode 2006-2011 saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat.

Sementara itu, Bupati Banggai Amirudin Tamoreka, menyampaikan bahwa penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu kebijakan dan program pemerintah daerah yang dilakukan secara sistematis dan terencana bersinergi dengan dunia usaha dengan masyarakat untuk mengurangi jumlah penduduk miskin dalam rangka meningkatkan derajat kesejahteraan rakyat.

“Upaya penanganan kemiskinan tidak hanya untuk mencapai target pebangunan daerah akan tetapi juga dalam rangka mencapai pembangunan nasional,” kata Bupati Banggai.

Baca jugaKemiskinan Meningkat di 30 Provinsi, Sulteng Menurun

Bupati Amir juga menyampaikan program Pemerintah Kabupaten Banggai akan memberikan kewenangan penuh kepada camat, masing-masing Rp5 Miliar setiap kecamatan untuk pemberdayaan masyarakat sehingga kemiskinan di Kabupaten Banggai dapat menekan angka kemiskinan semakin rendah dan berkurang.

“Bila pembangunan pedesaan menjadi proiritas utama dalam rencana pembangunan berkelanjutan menjadi hal prioritas maka, kesejangan antar wilayah akan semakin utama dalam rencana pembangunan terlihat nyata,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *