Gubernur Sulteng Kunjungi Menteri LHK, Bahas Beberapa Agenda

Jakarta, Teraskabar– Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura melakukan audiensi ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Si,  Jumat (17/12/2021), di Kantor Kementrian LH dan Kehutanan RI.

Gubernur Sulawesi Tengah , H. Rusdy Mastura  didampingi Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Ir. Nahardi, Tenaga Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan HAM, Ridha Saleh.

Adapun materi pembicaraan Gubernur Sulteng dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan adalah untuk meminta dukungan Menteri LH dan Kehutanan dari segi regulasi dalam percepatan pembangunan  Sulawesi Tengah.  Khususnya untuk mempersiapkan wilayah Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga ibu kota negara (IKN) baru  dan beberapa agenda yang dikonsultasikan berupa;

1. Rencanan Pembangunan Food Estate di wilayah Donggala dan Sigi sebagai kebutuhan dan penyangga pangan di Ibu Kota Negara.

2. Percepatan Perhutanan sosial, maksimalisasi dan pemanfaatan lahan perhutanan sosial, bantuan permodalan serta off takers.

3. Agroforestry dan rehabilitasi hutan mangrove di sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah.

4. Penyelesaian tambang rakyat (PETI) di wilayah Taman Nasional  Lore Lindu di Dongi-dongi.

5. Kuota Sisa Tebangan ebony untuk dimanfaatkan bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Menteri LH dan Kehutanan akan memberikan dukungan untuk percepatan pembangunan Sulawesi Tengah yang selaras dan ramah terhadap lingkungan hidup.  Sulawesi Tengah menurutnya, memiliki SDA yang sangat besar sehingga harus lebih dimaksimalkan untuk kesejahtraan masyarakat. (teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *