Peringatan HAB ke-76 Kemenag, Rektor UIN Datokarama Palu Peroleh Penghargaan

Palu, Teraskabar.id-Sebanyak 13 orang  Aparatur Sipil Negara (ASN) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu dari  9.310 PNS lingkup Kementerian Agama (Kemenag) RI mendapatkan penghargaan Satya Karya Satya dari Presiden Ir. Joko Widodo pada puncak peringatan Hari Amal Bakti ke- 76, Senin (3/1/2022).

Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi  (Pj. Sekdaprov)  H. Muh. Faizal  Mang pada kesempatan itu menyematkan penghargaan Satya Lencana 30 Tahun kepada Prof. H. Segaf Pettalongi yang juga Rektor UIN Datokarama, usai memimpin upacara HAB Kementerian Agama di halaman UIN Datokarama, Senin (3/1/2022).

Dalam pidato Menteri Agama, Pj. Sekdaprov H. Faizal Mang menyampaikan setiap tanggal 3 Januari diperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama sebagai salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman ajaran agama, serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama dan ramah bagi semua. “Tanggal 3 Januari dicanangkan sebagai kick-off pelaksanaan program tahun berjalan,” kata Faisal Mang membacakan sambutan tertulis Menag.

Berdasarkan data lanjutnya, terjadi kenaikan indeks kesalehan umat beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks kerukunan umat beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi 72,39 pada tahun 2021. Indeks kepuasan layanan KUA meningkat pula dari 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.

Dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya dan kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian atas laporan keuangan tahun 2020. Capaian tersebut menjadi prestasi yang diraih selama 5 tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

Di usia yang ke- 76, Kementerian Agama katanya,  harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan dan secara bersamaan perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik.

Agama kiranya dijadikan sebagai inspirasi dan penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu jadikan 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas selaku ASN Kementerian Agama. (teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *