PPDP di Tolitoli Mulai Coklit Data Pemilih Untuk Pilkada Serentak 2024

Tolitoli, Teraskabar.id  Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Kabupaten Tolitoli mulai melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.

” Ada ratusan Pantarlih pasca pelantikan mulai bekerja maksimal, mereka ini merupakan ujung tombak pihak KPU dalam melakukan pendataan dan pendaftaran pemilih di 109 desa dan kelurahan di Tolitoli,” kata Ketua KPU Tolitoli, Junaedi kepada wartawan, Ahad (30/6/2024).

Baca jugaKPU Parimo Kerahkan 1.348 Pantarlih untuk Coklit Data Pemilih Pemilu 2024

Junaedi mengatakan, pelaksanaan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan para petugas adalah salah satu tahapan yang sangat krusial dalam rangka Pilkada. Oleh karena itu pihak KPU dan seluruh jajarannya, termasuk penyelenggara di tingkat kecamatan seperti PPK, PPS memiliki cita-cita yang harus diwujudkan secara bersama-sama yaitu berkomitmen menyajikan data yang akurat, valid dan komprehensif.

Sebelumnya diketahui, kebutuhan petugas Pantarlih untuk Pilkada serentak di 10 kecamatan telah terpenuhi untuk 707 TPS yang tersebar di 103 desa dan enam kelurahan pada Pilpres dan Pileg 2024.

Baca jugaPetugas Pantarlih Pilkada 2024 Terpenuhi di Tolitoli

Diketahui, pada pencocokan dan penelitian data pemilih oleh KPU Kabupaten Tolitoli jelang Pilpres dan Pileg lalu, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Sebanyak 167.626 orang.

Jumlah DPT tersebut telah ditetapkan oleh pihak komisioner KPU sebelumnya pada 20 Juni 2023. Apakah setelah dilakukan  pencocokan dan penelitian oleh PPDP untuk Pilkada serentak tahun 2024 akan mengalami kenaikan atau berkurang.

” PPDP memiliki tugas dan kewajiban dalam pendataan pendaftaran pemilih, mereka ini sangat membantu KPU, meski hanya sebulan mereka bekerja dipastikan bisa maksimal,” ujar ketua KPU. (ram/teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *