Dua Lembaga Survei Unggulkan Anwar Hafid dari Seluruh Bacalon Gubernur Sulteng

Jakarta, Teraskabar.id– Menjelang tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) gubernur dan wakil gubernur di KPU Sulteng, dinamika persaingan antarfigur yang berpotensi maju di Pilkada 2024 makin sengit.

Hal itu terlihat dari tingkat elektabilitas masing-masing figur yang dirilis dua lembaga survei yaitu, Indikator Indonesia dan Indonesia Political Review.

Lembaga survey Indikator Indonesia misalnya, merilis hasil surveinya dari 25 nama figur yang berpotensi maju sebagai calon gubernur di Sulawesi Tengah, nama Ketua DPD Partai Demokrat Sulteng Anwar Hafid lebih unggul dari kandidat lainnya dengan tingkat elektabilitas mencapai 15,4 persen. Anggota DPR RI Dapil Sulteng dari Fraksi Partai Demokrat ini terbilang unggul dari politikus Nasdem Ahmad Ali yang meraih elektabilitas di angka 12,4 persen dan petahana Gubernur Sulteng Rusdy Mastura 7,5 persen.

Baca jugaBursa Pilgub Sulteng 2024, Hasil Survei SDI: Elektabilitas Rusdy Mastura Tertinggi

Selanjutnya, ada nama Ma’mun Amir dan Nilam Sari Lawira. Ma’mun Amir yang saat ini menjabat sebagai wakil Gubernur Sulteng memiliki elektabilitas di posisi 5,4 persen, dan Nilam Sari Lawira yang kini menjabat sebagai ketua DPRD Provinsi Sulteng memiliki elektabilitas di angka 5,0 persen.

Survei Indikator Indonesia ini dilakukan  pada periode 1 hingga 9 Mei 2024 dengan melibatkan jumlah sampel basis sebesar 800 orang, yang berasal dari seluruh kabupaten dan  kota di Provinsi Sulteng serta terdistribusi secara proporsional.

Sementara itu, berdasarkan hasil survey Indonesia Political Review, elektabilitas Anwar Hafid juga mengungguli seluruh figure bakal calon gubernur Sulteng.

Baca jugaKPU Parimo Verifikasi Faktual Dukungan Bapaslon Perseorangan Mulai 21 Juni 2024

Indonesia Political Review merilis elektabilitas mantan bupati Morowali dua periode Anwar Hafid berada pada posisi 9,23 persen. Disusul mantan Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Hidayat Lamakarate sebesar 8,21 persen, politisi Partai Nasdem Ahmad Ali 7,38 persen.

Sedangkan elektabilitas Rusdy Mastura jauh berada di bawah ketiga bakal calon gubernur Sulteng tersebut. Elektabilitas petahana Rusdy Mastura hanya di angka 2,36 persen, disusul Bupati Sigi Irwan Lapatta di angka 1,44 persen dan TT/TJ 71,38 persen.

Indikator Politik Indonesia juga mengeluarkan rilis bakal pasangan calon (Bapaslon) gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada Provinsi Sulteng 2024.

Hasilnya, Bapaslon Anwar Hafid – Reny A. Lamadjido unggul di dua lembaga survei  dari Bapaslon lainnya.

Baca jugaDua Bapaslon Perseorangan di Parimo TMS Hasil Vermin, Begini Keputusan KPU 

Anwar Hafid – Reny A. Lamadjido meraih 22,3 persen. Bapaslon Ahmad Ali -AKA sebesar 21,5 persen, disusul Rusdy Mastura dan Ma`mun Amir 18,0 persen. Dan yang tidak tahu/tersisa 38,2 persen.

Menyikapi hasil survey yang dirilis dua Lembaga survey dan  namanya unggul di dua lembaga survey, Anwar Hafid belum mau berkomentar banyak.

Ia menjelaskan, dirinya saat ini lebih memfokuskan untuk bekerja memenuhi janji ke masyarakat dalam kapasitas sebagai sebagai anggota DPR RI Dapil Sulteng.

“Pastinya saya megucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Sulteng, suatu kehormatan saya dinilai layak untuk memimpin Sulteng. Minta doanya saja,” kata Anwar Hafid. (teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *