Layanan Telkomsel di Pasilembana Selayar Telah Normal Pasca-Gempa Larantuka

Palu, Teraskabar.id— Layanan Telkomsel di Kecamatan Pasilembana, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, hari ini, Rabu (15/12/2021) pukul 15.00 WITA, sudah kembali normal.
Pemulihan jaringan telekomunikasi di pulau terluar Kabupaten Kepulauan Selayar itu segera dilakukan oleh Tim Telkomsel pasca-bencana gempa magnitudo 7.5 pada Selasa (14/12/2021), yang berdampak pada site Pasilambena. Gempa tersebut berpusat 112 Km Barat Laut Larantuka – NTT.
“Telkomsel telah mengambil langkah cepat untuk pemulihan layanan dengan menempatkan kembali beberapa perangkat operasional di site yang terjatuh akibat getaran gempa,” kata General Manager Network Service Assurance Telkomsel Regional Sulawesi, Muhammad Idham Kadir, dihubungi dari Palu, Rabu malam (15/12/2021).
Berdasarkan hasil tinjauan di lapangan lanjutnya, dari total 32 site di Kepulauan Selayar, 1 site mengalami gangguan yakni site di Kecamatan Pasilambena yang berada Pulau Kalaotoa. Wilayah ini merupakan pulau terluar dan terdekat dengan titik gempa. Sementara kondisi tower Telkomsel di Kecamatan Pasilambena dalam kedaan baik dan kokoh.
Sehingga, layanan Telkomsel di Kepulauan Selayar secara umum pasca-gempa tetap berjalan normal baik layanan data, voice maupun SMS.
“Terkait dengan layanan telekomunikasi di Kecamatan Pasilambena, Kepulauan Selayar, yang terganggu pasca-gempa, kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan,” ujarnya.

Tower Telkomsel di Kecamatan Pasilembana tak terdampak gempa Larantuka, Selasa (14/12/2021). Foto: istimewa


Sebelumnya, gempa dengan magnitudo 7,5 pada Selasa (14/12/2021), menimbulkan kerusakan beberapa infrastruktur di Kecamatan Pasilembana, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Gempa tersebut juga membuat jaringan komunikasi di pulau terluar Kabupaten Kepulauan Selayar ikut terganggu.
“Yang terdampak gangguan komunikasi hanya di satu pulau paling luar yaitu Pasilambena,” kata General Manager Network Service and Management Telkomsel Regional Sulawesi, Muhammad Idham Kadir dihubungi dari Palu, Selasa (14/12/2021).
Pernyataan tersebut disampaikan Idham menyusul laporan Bupati Selayar Basli Ali sebagaimana dirilis Rakyat Sulsel.com, jika salah satu kecamatan yakni Kecamatan Pasilambena yang merupakan lokasi terdekat dari titik gempa mengalami jaringan terputus.
Olehnya, kata Idham, Tim Telkomsel akan segera berangkat besok pagi, Rabu (15/12/2021), ke lokasi Pasilembana bersama Bupati Selayar Basli Ali, untuk meninjau lokasi yang mengalami gangguan jaringan telekomunikasi.
Namun secara umum lanjutnya, layanan Telkomsel di Selayar, semuanya berjalan normal baik layanan data, voice maupun SMS.
Telkomsel menurutnya, akan terus berupaya secara maksimal meminimalisir potensi kendala yang terjadi dan terus berkordinasi dengan berbagai pihak, serta berupaya maksimal untuk memulihkan site yang down tersebut. (teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *