Penyelanggara Adhock Harus Menjaga Integritas, Sanksi Tegas Jika Melanggar

Palu, Teraskabar.id – Ketua KPU Kabupaten Sigi, Soleman menegaskan, integritas bagi penyelenggara Pilkada hingga di tingkat paling bawah menjadi prinsip yang harus selalu di junjung tinggi oleh para penyelenggara Adhock.

“Prinsip dalam kerja penyelenggara adhock itu pertama harus menjaga integritas, kedua melaksanakan seluruh tahapan sebagaimana tanggungjawab yang telah diberikan,” kata Soleman saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Bimtek PPK, Jumat (24/5/2024), di Hotel Jazz Kota Palu.

Baca jugaBimtek Penguatan Kapasitas Badan Adhock, KPU Sigi Minta PPK Perbanyak Baca Regulasi

Ketua KPU Sigi mengingatkan kepada 75 PPK yang mengikuti Bimtek penguatan kapasitas Badan Adhock pada penyelenggaraan Pilgub Sulteng 2024 dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Sigi 2024, apabila penyelenggara adhock diduga melakukan pelanggaran dan kemudian terbukti, sanksi tegas akan diberikan yaitu berupa pemecatan.

“Jadi kami tidak akan lagi pakai tawar menawar, prinsip kita bagiamana integritas dan prioritas itu dijaga dan ini menjadi efek jera dan kepentingan untuk memperjelas sikap KPU dalam melaksanakan keseluruhan tahapan dan berkomitmen menjalankannya sesuai ketentuan perundang-undangan,” ujar Soleman.

Pemberian sanksi tersebut lanjutnya, akan segera dilaksanakan ketika yang bersangkutan jelas terbukti secara sah melakukan pelanggaran tanpa harus menunda eksekusinya sebelum memasuki akhir tahapan.

Baca jugaKPU Sigi Rancang Sosialisasi pada Wilayah Pegunungan

Setelah pelaksanaan Bimtek ini tambahnya, KPU Sigi juga telah menjadwalkan pelantikan PPS. Sehingga, keberadaan PPS tersebut menjadi tugas PPK untuk mendampinginya sekaligus memberi penguatan kapasitas bagi penyelenggara di bawahnya.

“Penyelenggara di bawah PPK adalah PPS hingga Pantarlih,” kata Soleman pada Bimtek yang dihadiri Anggota KPU Provinsi Sulteng, Nisbah, sekaligus menjadi pemateri pada pelaksanaan kegiatan yang berlangsung selama dua hari. (teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *