Roadshow Kebudayaan 2024, PT Vale Berpartisipasi Aktif Melestarikan Budaya Lokal

Luwu Timur, Teraskabar.id – Pemerintah Luwu Timur (Lutim) menggelar acara Roadshow Kebudayaan 2024 yang dilaksanakan di empat wilayah pemberdayaan PT Vale.

Roadshow Kebudayaan sinergi Pemerintah Luwu Timur dan PT Vale Indonesia Tbk ini sebagai wujud komitmen Perseroan dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan local di antaranya aktif berpartisipasi dalam acara Roadshow Kebudayaan 2024.

Roadshow Kebudayaan ini berlangsung di 11 kecamatan di Lutim, yaitu Mangkutana, Nuha, Tomoni, Towuti, Wasuponda, Tomoni Timur, Angkona, Burau, Kalaena, Malili, dan Wotu.

Baca jugaCampus Roadshow di USN Kolaka, PT Vale Ajak Talenta Lokal Bergabung pada Praktik Pertambangan Berkelanjutan

Bupati Lutim, Budiman mengatakan, sosialisasi kebudayaan yang dikemas dalam bentuk roadshow ini, mencakup seluruh aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari bahasa, pakaian, makanan, hingga cara berinteraksi satu sama lain.

“Budaya adalah jantung dari sebuah bangsa yang mencerminkan sejarah, nilai-nilai tradisi, dan kearifan lokal yang harus dipahami dan dilestarikan. Keberagaman budaya merupakan kekuatan bagi Lutim,” kata Budiman pada Roadshow Kebudayaan di Anjungan Sungai Malili, Jumat (31/5/2024).

Budiman menekankan pentingnya kegiatan seperti ini untuk terus dilaksanakan setiap tahun karena memiliki nilai sosial, budaya, dan ekonomi yang signifikan.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Luwu Timur,  Zulhidayah menjelaskan, dalam roadshow ini, menampilkan acara adat, parade kebudayaan, tarian, serta pertunjukan seni lokal. Hal ini bertujuan untuk mengangkat dan melestarikan budaya lokal sekaligus memperkuat rasa kebersamaan di masyarakat.

Baca juga: Mangrove dan Upaya PT IMIP Melestarikan Pesisir Bahodopi

“Roadshow Kebudayaan ini sejalan dengan visi Lutim untuk lebih maju dan berkelanjutan yang berlandaskan nilai agama dan budaya, sesuai dengan amanah Undang-Undang No. 5 Tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan,” kata Zulhidayah.

Atas dukungan PT Vale, Zulhidayah menyampaikan terima kasihnya, dan berharap hal itu bisa terus berlanjut di masa depan.

Sementara itu, Director External Relations PT Vale, Endra Kusuma menilai dukungan perusahaan dalam kegiatan ini  merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di bidang pelestarian kebudayaan lokal di  area operasi PT Vale.

“Kegiatan seperti ini sangat penting untuk kita dukung sebagai salah satu upaya melestarikan budaya dan membangun hubungan harmonis di masyarakat,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *