Gubernur Sulteng Serahkan Si Arjuna, Sapi Limosin Bantuan Presiden Jokowi

Palu, Teraskabar.id – Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura menyerahkan secara langsung Bantuan Kemasyarakatan (Banmas) Presiden RI Joko Widodo berupa sapi kurban bernama ‘Arjuna’ untuk disembelih pada Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah bertepatan dengan 2024 Masehi. Penyerahan tersebut berlangsung di Mesjid Jami Talise, Jalan Tombolotutu, Senin (17/6/2024).

Pada penyerahan itu, Gubernur Sulteng didampingi Kepala Biro Kesra Pemprov Sulteng Awaludin, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra merangkap Plt. Dinas Perkebunan dan Peternakan Rohani Mastura, Kepala Kesbangpol Arfan dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulteng Zainal Abidin. Pada prosesi penyerahan juga dihadiri pengurus Masjid Jami Kelurahan Talise dan warga setempat.

Baca juga: Sapi Kurban Presiden Jokowi Diserahkan ke Warga Pombewe Sigi

Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas Banmas yang diberikan untuk Negeri Seribu Megalit Provinsi Sulawesi Tengah melalui Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

Selanjutnya, mantan wali kota dua periode itu juga menyampaikan apresiasi kepada Dinas Perkebunan dan Peternakan atas upaya pengembangbiakan sapi-sapi potong berkualitas seperti ; Limosin, Wagyu dan Angus dengan inseminasi buatan (IB).

“Target kita, semoga ke depan bisa mengirim seribu ekor sapi ke Kalimantan,” ujar Cudi sapaan akrab Gubernur Sulteng.

Diketahui, dasar penetapan lokasi penyembelihan hewan kurban Presiden RI berdasarkan surat Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 600.4.5.3/2136/Ro Kesra tanggal 17 April 2024.

Baca jugaTerima Sapi Kurban dari Jokowi, Gubernur Sulteng: Terima Kasih Pak Presiden

Sapi Arjuna merupakan sapi jenis Limosin dengan bobot 900 kg, yang berasal dari peternak di Desa Tinombala, Kecamatan Ongka Malino, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) bernama Agus Muranto.

Melalui hasil uji lab UPT. Veteriner Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulteng, sapi Arjuna dinyatakan sehat dan bebas dari penyakit mulut, kuku dan infeksi cacing maupun penyakit menular hewan.

Bahkan, hal itu juga diperkuat dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) Nomor 5243/01/SJJH/02/V/2024/UPT Vet, bahwa ternak sehat dan layak potong.

Sebelum menyerahkan bantuan Presiden RI, Gubernur Rusdy Mastura bersama jajaran unsur Forkopimda Sulawesi Tengah melaksanakan Salat Iduladha di Halaman Polda Sulteng. (red/teraskabar)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *