Mengerucut Yusman Mahbub Penjabat Bupati Morowali

Palu, Teraskabar.id – Proses penggodokan nama-nama calon penjabat Bupati Morowali sudah memasuki tahap finalisasi yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Akhir di Kementerian Dalam Negeri (kemendagri). Berdasarkan informasi yang diterima media ini, Senin (18/9/2023), tiga nama calon penjabat Bupati Morowali yang diajukan ke Kemendagri, kini mengerucut ke nama Yusman Mahbub.

Sebagaimana diketahui, ada tiga nama calon penjabat Bupati Morowali yang diajukan ke Mendagri. Berdasarkan urutan daftar pengajuan nama, Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tengah, Ir. A. Rachmansyah Ismail M. Agr, MP, menempati urutan pertama. Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali Drs. Yusman Mahbub, M.Si, menempati urutan kedua. Dan, Direktur Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Polpum Kemendagri Risnandar Mahiwa, S.STP, M.Si menemapati urutan ketiga.

Baca jugaALARM Dorong Penunjukan Penjabat Bupati yang Bisa Kerja Sama dengan Gubernur

Namun kini, setelah hasil sidang TPA, nama Yusman Mahbub menempati urutan pertama, menggeser A. Rachmansyah Ismail yang kini menempati posisi kedua dalam daftar hasil penilaian Tim TPA. Sedangkan, Risnandar Mahiwa menempati urutan ketiga.

“Insya Allah Yusman sangat berpeluang besar lolos dan akan menjadi penjabat Bupati Morowali,” ujar sumber resmi media ini dihubungi dari Jakarta.

Masih menurut sumber, nama Yusman Mahbub mengerucut jadi Pj Bupati Morowali karena sejumlah pertimbangan. Di antaranya, mantan Kepala Dinas PTSP Morowali ini sarat pengalaman birokrasi di lingkup Pemerintah Kabupaten Morowali. Terlebih lagi, Yusman Mahbub selama ini menjadi sekretaris daerah yang bersama-sama Bupati Taslim dan wakilnya menjalankan pemerintahan di Pemda Kabupaten Morowali.

Baca jugaCalon Penjabat Bupati Morowali, Ada Nama Pejabat Kemendagri Kelahiran Luwuk Sulteng

Satu poin penting lainnya, Yusman Mahbub juga dapat diterima semua kalangan. “Ingat, di Morowali ada proyek strategis nasional. Pasti istana memiliki perhatian, pemantauan dan penilaian,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) H. Rusdy Mastura mengusulkan tiga nama untuk pengajuan calon penjabat bupati Morowali ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Mereka itu adalah Ir. A. Rachmansyah Ismail M. Agr, MP, Drs. Yusman Mahbub, M.Si, serta Mulyadin.

Namun belakangan diketahui, Mulyadin tereliminasi saat proses penggodokan di Kemendagri. Selanjutnya muncul nama Risnandar Mahiwa, S.STP, M.Si menggantikan Mulyadin. Sehingga, kini terdapat tiga nama dalam proses sidang oleh Tim Penilai Akhir (Tim TPA). Rachmansyah Ismail dan Yusman Mahbub merupakan usulan Gubernur Sulteng. Sedangkan Risnandar merupakan usulan Kemendagri.

Baca juga: Ini Calon Sekdaprov Sulteng dan Pj Bupati Buol

Dari ketiga pejabat ini, satu nama nantinya akan ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menduduki posisi penjabat Bupati Morowali. Penetapan tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan September 2023 ini, bersamaan dengan 71 penjabat bupati/wali kota untuk mengisi kekosongan posisi kepala daerah yang telah selesai periode kepemimpinannya.

“Di bulan September ada 71 penjabat kabupaten/kota akan menerima SK, termasuk Morowali,” kata sumber di internal gubernur Sulteng, Ahad (17/9/2023).

Sebagaimana diketahui, tiga nama calon penjabat (Pj) Bupati Morowali sesuai usulan hasil pembahasan dinyatakan memenuhi syarat dan kini dalam proses sidang TPA. Ketiga nama tersebut adalah Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tengah, Ir. A. Rachmansyah Ismail M. Agr, MP, Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali Drs. Yusman Mahbub, M.Si, serta Direktur Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Polpum Kemendagri Risnandar Mahiwa, S.STP, M.Si.

Baca jugaGubernur Sulteng Ajukan Tiga Calon Penjabat Bupati Morowali, Satu Nama Gugur di Kemendagri

“Kita lihat saja siapa yang lolos dari seleksi Tim Penilai Akhir (TPA),” ujar sumber internal gubernur Sulteng.

Informasi yang diperoleh media ini, usulan ketiga nama calon tersebut ditembuskan ke Dirjen Otda termasuk juga ke DPRD Kabupaten Morowali.

Dari ketiga nama tersebut, Ir. A. Rachmansyah Ismail M. Agr, MP merupakan calon yang diusulkan oleh Gubernur Sulteng. Pejabat Pembina Utama Madya golongan IV d berusia 53 tahun 10 bulan ini menempati urutan pertama  usulan Gubernur Sulteng.

Nama lain yang diusulkan oleh Gubernur Sulteng adalah Drs. Yusman Mahbub, M.Si dan menempati urutan kedua. Selain diusulkan Gubernur Sulteng, Yusman Mahbub yang kini menyandang jabatan Pembina Utama Madya Golongan IV d berusia 56 tahun 2 bulan, juga diusulkan oleh DPRD Kabupaten Morowali.

Satu nama calon penjabat bupati Morowali lainnya yang diajukan ke Kemendagri adalah Risnandar Mahiwa, S.STP, M.Si.  Pejabat Pembina Tk I golongan IV B dan berusia 40 tahun 1 bulan kelahiran Luwuk, Sulawesi Tengah ini merupakan usulan Kemendagri. (teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *