PPG Daljab Bacth I 2024, Rektor UIN Datokarama: Kompetensi Guru Harus Terus Dikembangkan

Palu, Teraskabar.id – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Prof. H. Lukman S. Thahir menyatakan bahwa kompetensi guru semua tingkatan jenjang pendidikan harus terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan tantangan zaman.

“Guru tidak boleh tertinggal dari perubahan – perubahan yang telah terjadi begitu cepat, salah satunya yaitu bagaimana mengintegrasikan pendidikan dengan society atau masyarakat 5.0,” kata Profesor Lukman S. Thahir, Senin (1/7/2024), di UIN Datokarama Palu.

Baca jugaMahasiswa PPG FKIP Untad Jadikan LPKA Palu Salah Satu Pilot Project Penelitian

Profesor Lukman S Thahir menyampaikan hal itu dalam paparan materinya pada refreshment LMS pendalaman materi bagi dosen Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan (Daljab) batch satu tahun 2024, yang dilaksanakan oleh Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Datokarama.

Rektor Lukman mengatakan bahwa dengan adanya masyarakat 5.0, dunia semakin berkembang dan bergerak dengan cepat. Society 5.0 merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang berbasis modern yang memanfaatkan teknologi internet of things seperti kecerdasan buatan (AI), komputerisasi, juga robot industri.

“Untuk guru atau tenaga pendidik harus mampu untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi saat ini, tenaga pendidik perlu memahami dan mengetahui penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Pengetahuan tentang penggunaan perangkat lunak, platform daring, dan teknologi terbaru akan membantu guru menjadi lebih efektif dalam mengajar dan menjelaskan materi kepada siswa,” ujarnya.

Baca jugaUIN Palu dan IAIN Gorontalo Sepakat Gencarkan Moderasi Beragama di Sulawesi

Perubahan yang terjadi begitu cepat, kata Profesor Lukman, akan berdampak terhadap perubahan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman. Maka seorang pendidik yang kompeten harus mampu dengan cepat memahami dan mengadaptasi diri terhadap perubahan-perubahan ini. Mereka harus memahami isi kurikulum terbaru dan metode pengajaran yang sesuai.

Dengan demikian, peningkatan kompetensi harus dilakukan untuk memungkinkan guru memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang mata pelajaran yang mereka ajarkan. Mereka dapat mengembangkan keahlian dalam bidang mereka sehingga mereka dapat memberikan pengajaran yang lebih bermutu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *