Parimo, Teraskabar.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng), Asmadi, mengaku, tidak memiliki mesin generator set atau Genset sebagai alat cadangan ketika listrik padam.
Sehingga, pelayanan pengurusan admimistrasi kependudukan tidak berjalan maksimal.
“Kalau listrik mati, pelayanan kami lumpuh. Karena kami tidak punya Genset sampai saat ini,” kata Kepala Disdukcapil Parimo, Asmadi, Rabu (16/10/2024), di Parigi.
Menurutnya, kondisi ini sudah berlangsung lama. Akibatnya, pelayanan di Disdukcapil Parimo kerap dikeluhkan warga setempat.
Baca juga: Kondisi Kelistrikan di Desa Siney Parimo, Anwar Hafid Tawarkan Program BERANI Menyala kepada Warga
Padahal, Dinas Dukcapil merupakan kantor instansi yang setiap harinya terbilang ramai dikunjungi masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan mereka.
“Kondisi ini tentunya sangat menghambat pelayanan dalam pengurusan administrasi kependudukan bagi masyarakat,” ujarnya.
Saat Listrik padam lanjutnya, tak ada kepastian kapan listrik menyala, membuat staf Dukcapil dan warga yang butuh pelayanan cepat terpaksa harus bingung apa selanjutnya yang akan diperbuat.
Baca juga: Musyawarah Terbuka Sengketa Pilkada Parimo, Dokumen Kesimpulan Tak Dibacakan Para Pihak
Seperti kejadian pada Rabu (16/10/2024). Pelayanan terhenti hingga usai jam kantor akibat Listrik padam.
Sedangkan masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan tersebut, pada umumnya berasal dari wilayah utara Parigi Moutong. Mereka yang sejak pagi antrean, terpaksa hanya pasrah menunggu.
“Sejak pagi kami menunggu karena listrik mati. Kami sayangkan pemerintah daerah setempat tidak menyediakan Genset,” keluh Farid, salah seorang warga yang menunggu sejak pagi hari di Dukcapil. (wad/teraskabar)