Walandano Kini Punya Perpustakaan Desa, Memperkuat Literasi Masyarakat Desa

Donggala, Teraskabar.id– Desa Walandano, Kabupaten Donggala kini terdapat perpustakaan desa yang diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, ditandai dengan penandatanganan prasasti, Jumat (20/5/2022).

Peresmian Perpustakaan Desa Walandano yang didesain dan terinspirasi dari Rumah Adat Tambi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) disambut antusias oleh masyarakat setempat.

Baca juga : Festival Walandano Akan Digelar, Ikon Literasi Budaya dan Humanisme

Menggandeng Perwakilan BKKBN Provinsi Sulteng, Gedung Pustaka Desa Walandano diinisiasi Medco Foundation guna memperkuat literasi masyarakat dan membangun generasi yang cerdas.

Peresmian Perpustakan Desa Walandano dan Pusat Literasi Kependudukan Kampung Keluarga Berkualitas ditandai penandatanganan prasasti oleh Gubernur Sulawesi Tengah.

Kesempatan itu, Gubernur H.Rusdy Mastura mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi respon tanggung jawab sosial Medco Foundation membangun pustaka desa.

Baca juga : Minim Referensi Cerita Rakyat Lokal, Ini yang Dilakukan Balai Bahasa Sulteng

“Literasi membaca adalah bagian yang penting, karena ini perintah agama,” kata gubernur.

Menurutnya, perpustakaan merupakan tempat untuk mendapatkan kecakapan hidup karena budaya membaca merupakan kegiatan yang positif.

“Jepang dan Korea merupakan negara yang paling maju, hal ini disebabkan literasi,”katanya memberikan contoh.

Baca juga : Kantin Sehat dan Wall Panjat Tebing SMA Negeri 3 Palu Diresmikan

Ia berharap pustaka ini dapat mengembangkan intelektualitas masyarakat dengan tumbuhnya budaya baca.

“Perpustakaan ini bukan milik Medco Foundation tapi milik warga, jadi diharapkan semua elemen masyarakat menjaga dan meramaikannya,”terang Head of Medco Foundation, Roni Pramaditia.

“Saya datang membawa cuma 100 buku untuk warga Walandano dan saya percaya Pak Gubernur akan sumbang 1.000 buku,”pungkas Tokoh Literasi Nasional, Maman Suherman.

Nampak hadir Kepala Perangkat Daerah Provinsi Sulteng, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Donggala, Tenaga Ahli Gubernur, Ketua Kadin Donggala, Kepala Desa Walandano, para penggiat literasi.

Sebagaimana diketahui, sebuah festival akan digelar di Desa Walandano, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Event bertajuk Festival Walandano ini rencananya akan digelar dari 16 hingga 20 Mei 2022.
Kepala Desa Walandano, Bambang Soehardjo, mengatakan bahwa festival yang baru pertama kali diadakan ini merupakan hasil kolaborasi beberapa pihak, antara lain Pemerintah Desa Walandano, Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sulawesi Tengah, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kantor Perwakilan Sulawesi Tengah, Medco Foundation, serta didukung oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.
Meski baru pertama kali diadakan, Bambang mengharapkan Festival Walandano akan menjadi salah satu festival yang meriah dan bermanfaat bagi pengembangan Desa Walandano dan sekitarnya. (teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *