BPSK Kota Palu Tangani 45 Pengaduan Konsumen di 2021, Terbanyak Property

Palu, Teraskabar.id–Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Palu menangani 45 pengaduan konsumen sepanjang 2021. Pengaduan tersebut pada sektor barang dan jasa.

Wakil Ketua BPSK Kota Palu, Salman Hadiyanto, mengatakan, tren pengaduan dari konsumen selama tiga tahun terakhir cenderung meningkat

“Dari data base, di tahun 2019 ada 5 pengaduan, kemudian tahun 2020 13 pengaduan dan tahun 2021 45 pengaduan,” kata Salman pada konferensi pers di salah satu kafe di Kota Palu, Rabu (22/12/2021).

Menurut Salman, tahun ini  pengaduan terbanyak pada jenis kasus barang adalah di bidang perumahan/property dengan jumlah 15 kasus, kemudian barang elektronik 2 kasus. Total pengaduan pada jenis barang adalah 17 kasus.

Sedangkan pada jenis jasa sebanyak 13 pengaduan. Rinciannya,  6 kasus pada leasing, asuransi 4 kasus, perbankan 2 kasus dan yang terakhir 1 kasus pada sektor jasa PDAM.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam penyelesaian kasus, pihaknya menerapkan 3 pola yakni konsiliasi, mediasi dan arbitrase.

Untuk tahun 2021, kasus yang selesai ada 30 kasus. Rinciannya, melalui pola mediasi 28 kasus dan arbitrase sebanyak 2 kasus. Selain itu ada 15 kasus yang gagal dan satu yang masih dalam proses.

Pihak BPSK Kota Palu menyatakan selalu siap menerima pengaduan dari konsumen. Dalam hal itu, konsumen bisa mendatangi Kantor BPSK di Jalan Kartini Palu.

Kegiatan jumpa pers akhir tahun ini dihadiri seluruh pengurus BPSK Kota Palu dan puluhan jurnalis, baik media cetak, online maupun media elektronik. (teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *