Enam Kecamatan di Tolitoli Diberikan Bantuan Readsi

Tolitoli, Teraskabar.id — Dari 10 kecamatan di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, enam kecamatan di antaranya menerima bantuan sosial produksi pertanian empat komoditi melalui program Rural Empowerment and Development Scalling up Initiative (Readsi) tahun 2021.

Dalam Readsi tersebut, empat komoditi yang dikembangkan di daerah itu meliputi komoditi pekarangan, komoditi sayuran/buah, komoditi padi sawah dan komoditi kakao.

” Untuk Tolitoli tahun ini ada 20 desa yang menerima bantuan program Readsi, semuanya ada 68 kelompok tani,” jelas Manager Readsi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distanpanhor) Kabupaten Tolitoli, Arsad Syamsudin, Ahad (19/12/2021).

Menurutnya, bantuan komoditi yang bertujuan untuk meningkat produksi dan kesejahteraan petani miskin di daerah ini tersebar di enam kecamatan yakni, Kecamatan Dampak Selatan, Dondo, Basidondo, Ogodeide, Galang dan Kecamatan Tolitoli Utara.

“Bantuan sosial yang diterima berupa sarana produksi seperti pupuk pestisida, benih sayuran, benih padi dan bibit kakao sambung pucuk,” kata Arsad.

Ia mengatakan penerimaan bantuan sosial sarana produksi yang melekat pada program Readsi hiba luar negeri itu disalurkan secara terperinci. Yaitu, 20 Kelompok Tani Wanita (KWT) memperoleh jatah bantuan komoditi pekarangan dan 17 kelompok lainnya komoditi sayuran/buah.

Sementara untuk penerimaan bantuan komoditi padi sawah juga 20 Kelompok Tani dan 11 kelompok tani lainnya diberikan jatah bibit kakao sambung pucuk.

“Bantuan komoditi ini semuanya sesuai sasaran karena tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Tolitoli,” tegas manager Readsi itu.

Arsad Syamsudin menyatakan, program readsi merupakan salah satu bagian dari program Kementerian Pertanian yang mendukung terwujudnya Visi Pembangunan Pertanian demi tercapainya kedaulatan pangan dan meningkatnya kesejahteraan petani.

” Dengan bantuan yang diberikan diharapkan dapat menurunkan tingkat kemiskinan petani,” katanya. (teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *