Kunjungi Pelabuhan Pantoloan, Persiapan Ekspor Langsung Durian Sulteng ke Tiongkok

Palu, Teraskabar.id – Gubernur Sulawesi Tengah diwakili oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulteng Nelson Metubun mendampingi Staf Khusus Bidang Ketahanan Pangan dan Ekonomi Hijau Kemenko Marves RI Van Basten dalam kunjungannya ke Pelabuhan Pantoloan, Selasa (9/7/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau persiapan ekspor durian asal Sulawesi Tengah ke Tiongkok dan menjadi langkah penting dalam upaya peningkatan ekspor produk unggulan dari Sulawesi Tengah, khususnya durian ke pasar internasional.

Baca jugaSulteng Ekspor Perdana 3.000 Ton Kelapa ke Tiongkok

Kegiatan tersebut dihadiri Direktur Standar Karantina Tumbuhan Badan Karantina Indonesia AM Adnan, Direktur Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan Badan Pangan Nasional RI Anas Yalitoba, Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian RI Farida, General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Pantoloan Ramdan Affan bersama staf.

Staf Khusus Kemenko Marves, Van Basten menyampaikan kunjungan ini  untuk melihat langsung bagaimana keadaan dan kesiapan Pelabuhan Pantoloan sebagai tempat penyaluran logistik menuju Tiongkok.

Baca jugaWagub Sulteng Lepas Mudik Gratis Lebaran 2024 Melalui Pelabuhan Pantoloan

“Sehingga produk-produk durian yang ada di Sulawesi Tengah bisa bersaing secara global, khususnya untuk memenuhi pasar Tiongkok,” ujar Van Besten.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah Nelson Metubun menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan durian yang diekspor memenuhi standar kualitas dan keamanan pangan yang ditetapkan oleh otoritas Tiongkok.

Kegiatan ini diakhiri dengan peninjauan fasilitas Pelabuhan Pantoloan Palu yang akan digunakan sebagai titik pengiriman durian ke Tiongkok.

Diharapkan, dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah, proses ekspor durian Sulawesi Tengah ke Tiongkok dapat berjalan lancar dan sukses. (red/teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *