Rapat Dipimpin Wapres, Bupati Buol Ungkap Kesulitan Pengusaha UMKM Peroleh KUR

Palu, Teraskabar.id– Wapres  K.H. Ma’ruf Amin didampingi Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma’mun Amir memimpin Rapat Sosialisai Mall Pelayanan Publik dan Pemberdayaan UMKM,  di Ruang Rapat Polibu Lantai 3, Kantor Gubernur Sulteng, Jumat (7/1/2022).

Dalam pertemuan tersebut dilakukan pula dialog dengan pimpinan kabupaten/kota.

Bupati Buol Amirudin Ma’ruf menyampaikan bahwa pemerintah punya komitmen kuat untuk membantu pelaku UMKM sebagai upaya menanggulangi kemiskinan, namun di lapangan program yang ditawarkan pemerintah belum diimplementasikan dengan baik.

Ia mengungkapkan, masih ditemukan kesulitan bagi pengusaha UMKM untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) karena persyaratannya masih konvesional, seperti BI checking.

Menanggapi hal tersebut,  Menteri Koperasi dan UMKM menjelaskan bahwa bank tetap berhati-hati memberikan KUR kepada UMKM. Untuk itu, bank melakukan penilaian terhadap performa UMKM dengan melihat digital track record.

Ia pun meminta para pelaku UMKM untuk mencatat semua transaksi keuangan secara digital.  

Teten pun mengajak para UMKM untuk ikut terlibat dalam pembelanjaan kementerian, karena saat ini kementerian didorong untuk membeli dari UMKM.

“Kami di Jakarta konsumsinya produk UMKM,” ungkap Teten.

Usai memimpin rapat, Wapres didampingi Menteri Koperasi dan UMKM, Gubernur Sulteng dan Wali Kota Palu melakukan peninjauan pameran UMKM yang digelar di lantai 1 Kantor Gubernur Sulteng. Produk-produk yang dipamerkan berasal dari Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala, Parigi Moutong, Poso, Toli-toli, Buol, Morowali Utara, Morowali, Tojo Una-una, Banggai, Banggai Laut, dan Banggai Kepulauan. (SK-BPMI, Setwapres/teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *