oleh

Sosialisasi Penataan Dapil Anggota DPRD, KPU Morowali: Perlu Tanggapan dan Saran Parpol

-Home, Politik-140 Dilihat
Bagikan Artikel

Morowali, Teraskabar.id– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Morowali menggelar sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2022 tentang Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) di Morowali, Kamis (24/11/2022).

Sosialisasi yang dibuka oleh Plh Ketua KPU Morowali, Abdul Samad, dihadiri Divisi Teknis Penyelenggara KPU Morowali Taufan Tanjing, Bawaslu Morowali, Kesbangpol Morowali, ketua dan sekretaris masing-masing partai politik.

Plh Ketua KPU Morowali Abdul Samad saat membuka sosialisasi menekankan perlunya peran aktif dari partai politik calon peserta Pemilu tahun 2024 dalam setiap tahapan pemilu.

Sosialisasi Penataan Dapil Anggota DPRD, KPU Morowali: Perlu Tanggapan dan Saran Parpol
Plh Ketua KPU Morowali Abdul Samad saat membuka Sosialisasi PKPU Nomor 6 Tahun 2022 tentang Penataan Dapil anggota DPRD dilaksanakan KPU Morowali, Kamis (24/11/2022). Foto: Istimewa

“Bapak-bapak dan ibu-ibu dari ketua maupun perwakilan parpol jangan abai setiap tahapan pemilu, harus selalu proaktif agar bisa update informasi setiap saat,” kata Abdul Samad saat menyampaikan sambutannya saat membuka Sosialisasi PKPU Nomor 6 Tahun 2022 tentang Penataan Dapil.

Baca jugaGolkar Segera Mengisi Kursi yang Kosong di DPRD Donggala, Ini Nama yang Diajukan

Menurutnya, PKPU 6 tahun 2022 tentang penataan daerah pemilihan dan alokasi anggota dewan perwakilan daerah kabupaten/kota dalam pemilihan umum sebagai dasar dalam menyusun dan menetapkan daerah pemilihan. serta alokasi kursi dengan memperhatikan tujuh prinsip. Yaitu, kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas, serta kesinambungan.

Ia juga berharap, selama kegiatan sosialisasi ini ada masukan atas rancangan penataan dapil di Kabupaten Morowali dari peserta sosialisasi, lebih khusus dari pimpinan partai politik.

Baca jugaKPU Sigi Undang Pimpinan Parpol, Bahas Persiapan Verifikasi Administrasi Perbaikan

Sementara itu, Anggota KPU Morowali Taufan Tanjing dalam paparan materinya, menjelaskan mengenai tahapan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Morowali untuk Pemilu 2024.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *