KONI Palu: Jangan Ada Intervensi Seleksi Atlet di Porkot

Palu, Teraskabar.id– Sekretaris KONI Kota Palu Ir Kalvin Tawil mewanti-wanti agar jangan ada intervensi seleksi atlet yang mewakili Kota Palu di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX 2022 di Kabupaten Banggai.

“Tidak ada intervensi (di Porkot Palu ke-V) karena mereka akan membawa nama kota Palu di Porprov,” kata Sekretaris KONI Kota Palu Ir Kalvin Tawil pada pembukaan Pekan Olahraga Kota (Porkot) Palu ke-V, Selasa (29/3/2022) di Auditorium Kisman Abdullah STIA panca Marga Palu.

Baca juga: 32 Atlet Catur Ikut Porkot Palu Ke-V, Seleksi Porprov 2022

Baca juga: Gubernur Sulteng Tetapkan Banggai Tuan Rumah PORPROV IX Tahun 2022

Penegasan tersebut disampaikan Sekretaris KONI Kota Palu untuk mengantisipasi pengaturan atlet catur bukan berdasarkan hasil seleksi Porkot ke-V ini.

Atlet catur Kota Palu mengikuti Cabor beregu di hari pertama Porkot Palu ke-V, Selasa (29/3/2022), di Auditorium Kisman Abdullah STIA Panca Marga Palu. Foto: teraskabar

Ia kembali menegaskan, Turnamen Porkot 2022 yang diikuti 32 atlet catur dan dikawal Wasit Catur Nasional Yopy Mendur ini merupakan ajang seleksi  pecatur Kota Palu menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 di Kabupaten Banggai.

“Jadi bertandinglah dengan mengedepankan sikap sportif,” kata Kalvin dalam sambutannya sekaligus membuka Turnamen Porkot Palu Ke-V.

Ia menambahkan, salah satu manfaat olahraga, selain menyehatkan fisik, juga bisa menyehatkan mental, dalam artian mengembangkan sikap sportif, kesatria dan sejenisnya. Sikap positif ini jelas sangat berguna bagi kehidupan seseorang agar dia memiliki integritas tinggi, dapat dipercaya oleh oranjg lain.

Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Percasi Palu, Syarifuddin menjelaskan Cabor Catur di Turnamen Porkot Palu Ke-V ini, diikuti atlet-atlet dari delapan kecamatan se-Kota Palu. Setiap kecamatan mengirimkan empat atletnya. Sehingga, total atlet catur berlaga di turnamen ini sebanyak 32 orang.

“Dari total 32 pecatur ini, 9 pecatur putra dan 3 pecatur putri hasil seleksi turnamen yang akan mewakili Kota Palu di Porprov,” ujarnya.

Di sela-sela persiapan pelaksanaan lomba catur beregu, Syarifuddin mengaku kalau dirinya dihubungi sejumlah pihak agar bisa merekomendasi pecatur dari luar daerah untuk bisa mewakili Kota Palu di ajang Porprov Banggai.  Sehingga, ia mendukung penegasan Sekretaris KONI Kota Palu Ir kalvin Tawil agar jangan intervensi seleksi atlet di Porkot Palu ke-V.     

“Kami (Pengkot Percasi Palu) tidak merekrut atlet catur dari luar daerah. Percasi Palu lebih memproritaskan pecatur asal Kota Palu sendiri,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Turnamen Porkot 2022 Cabor Catur yang diwakili Sekretarisnya, Marihot Pakpahan  mengatakan, turnamen ini mempertandingkan Cabor Catur beregu dan pereorangan.

Khusus untuk hari pertama turnamen katanya, mempertandingkan Cabor catur beregu. Di hari berikutnya, akan mempertandingkan Cabor catur perorangan.

Juara 1, 2, dan 3 menurut Marihot, otomatis lolos mewakili Kota Palu nantinya di ajang Porprov 2022 di Banggai. “Sedangkan juara empat hingga Sembilan, ditentukan berdasarkan hasil poin yang diperoleh di pertandingan,” ujarnya. (teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *