YLK Sulteng Menggelar Lomba dan Dialog Pelayanan

Palu, Teraskabar.id –  YLK Sulteng menggelar lomba domino yang telah dilaksanakan sejak dua hari lalu, bertempat di Warkop Harapan Jalan Pramuka, Kota Palu. Kegiatan Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) Sulteng tersebut dilaksanakan jelang Hari Konsumen Nasional yang diperingati setiap 20 April.

“Kalau YLK Sulteng menggelar lomba domino itu sesudah salat Tarwih dan sudah berjalan sejak 2 hari yang lalu,” kata Ketua YLK Sulteng Salman Hadiyanto,  Jumat (8/4/2022) di salah satu kafe di Kota Palu.

Baca juga: Pengusaha Rental di Sulteng Luncurkan Layanan Rental Online

Baca juga: Kelangkaan Minyak Goreng Diprediksi akan Terus Lanjut sampai Lebaran

Perlombaan tersebut kata Salman Hadiyanto mengusung tema,  Mewujudkan Konsumen Cerdas, Kritis dan bertanggungjawab.

Adapun  target peserta untuk kategori ini adalah warga  yang pernah mendapatkan sosialisasi mengenai perlindungan konsumen, dalam rangka memperingati Hari Konsumen.

Rangkaian kegiatan lainnya memperingati Hari Konsumen Nasional itu lanjutnya, adalah dialog pelayanan pada tanggal 20 April 2022. Kegiatan ini digelar setiap pukul 16.00 WITA dirangkaikan buka puasa bersama.

“Pada kegiatan dialog pelayanan nanti itu akan ada dari pelaku usaha seperti Telkom, PLN, Leasing, PDAM serta pelaku usaha lainnya yang berhubungan dengan konsumen. Kegiatan tersebut akan dimulai pada tanggal 20-27 April,” ungkap Salman saat konferensi pers dengan sejumlah awak media.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut dapat menjalin silaturahmi.

Untuk diketahui, penetapan Hari Konsumen Nasional dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden No. 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional. Pemilihan tanggal 20 April sebagai Hari Konsumen Nasional didasarkan pada tanggal diterbitkannya Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Pada dasarnya Hari Konsumen Nasional bertujuan:

1. Sebagai upaya penguatan kesadaran secara massif akan arti pentingnya hak dan kewajiban konsumen serta sebagai pendorong meningkatnya daya saing produk yang dihasilkan pelaku usaha dalam negeri.
2. Menempatkan konsumen pada subyek penentu kegiatan ekonomi sehingga pelaku usaha terdorong untuk dapat memproduksi dan memperdagangkan barang/jasa yang berkualitas serta berdaya saing di era globalisasi.
3. Menempatkan konsumen untuk menjadi agen perubahan dalam posisinya sebagai subyek penentu kegiatan Ekonomi Indonesia.
3. Mendorong pemerintah dalam melaksanakan tugas mengembangkan upaya perlindungan konsumen di Indonesia.

Tema Peringatan Harkonas 2022 adalah “Mewujudkan Konsumen Cerdas, Kritis dan bertanggungjawab”.

Konsumen yang cerdas adalah konsumen yang mampu menegakkan haknya, melaksanakan kewajibannya serta mampu melindungi dirinya dari barang atau jasa yang merugikan.

Konsumen yang cerdas tentunya hanya membeli produk-produk yang sesuai ketentuan dan mengutamakan penggunaan produk dalam negeri. Penggunaan produk dalam negeri yang sesuai dengan ketentuan akan meningkatkan daya saing dan perekonomian bangsa, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (hafsah)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *