Gubernur Sulteng Menerima Gelar Tau Doka dari Raja Buol

Buol, Teraskabar.id – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) H. Rusdy Mastura menerima gelar kehormatan sebagai Tau Doka saat melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Buol.

Prosesi pemberian gelar Tau Doka tersebut dipimpin oleh Raja Buol, Syarif Turungku, setelah sebelumnya dilakukan prosesi penyambutan Gubernur Sulawesi Tengah di Istana Raja Buol, yang terletak di Kelurahan Leok I, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol, Jumat (28/6/2024).

Baca jugaBerhasil Ungkap Kasus Besar, Polisi di Tolitoli Terima Penghargaan

Raja Buol, Syarif Turungku menjelaskan, Tau doka adalah sebuah gelar yang ada di masyarakat Buol. Gelar tersebut hingga saat ini terus melekat pada budaya dan tradisi masyarakat di wilayah ujung utara Sulawesi Tengah.

Pemberian gelar tersebut merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan kepada seseorang yang dianggap tua dan terhormat karena jabatannya, perhatiannya dan kepeduliannya kepada Buol dan masyarakatnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Rusdy Mastura mengucapkan  terima kasih dan apresiasi kepada Raja Buol, Penjabat Bupati Bupati Buol serta seluruh masyarakat  Kabupaten Buol yang telah menganugerahkan gelar Tau Doka kepadanya, sebagai pemimpin.

Baca jugaKeturunan Raja Banggai dan Raja Banawa Bertemu, Ada Apa?

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Raja Buol bersama permaisuri serta pemerintah dan masyarakat Kabupaten Buol yang telah memberikan gelar Tau Doka. Ini merupakan tanggung jawab kepada saya dan moga-moga saya bisa memegang teguh amanah ini, selanjutnya bisa memberikan yang terbaik untuk Buol dan masyarakatnya,” ujar Gubernur Rusdy Mastura.

Gubernur Rusdy Mastura juga menyampaikan bahwa dia tidak asing dan mempunyai ikatan emosional dengan Buol, karena kakeknya tenggelam di Buol, tepatnya di Tanjung Dako.

“Sebagai Gubernur, tentu tugas saya membangun daerah termasuk Kabupaten Buol. Saat ini capaian pemerintahan saya meningkatkan pendapatan daerah dari Rp900 Miliar menjadi Rp2,17 Triliun serta menempatkan Sulawesi Tengah posisi ke 4 nasional nilai investasi terbesar,” ujar Rusdy Mastura.

Kehadiran Gubernur Sulawesi Tengah di Buol merupakan momentum yang ditunggu pemerintah dan masyarakat Buol, setelah beberapa kali tertunda.

Baca jugaHasil Dugaan Pelanggaran Etik Ketua DPRD Terkait Interpelasi Anies Keluar Pekan Depan

Selain, menghadiri pengukuhan kepala desa, Gubernur Rusdy juga akan melakukan peresmian beberapa proyek yang ada di Kabupaten Buol, serta akan menyerahkan bantuan beras sebesar 36 Ton, yang diperuntukkan untuk masyarakat Buol.

Tak lupa, Rusdy Mastura mengharapkan bantuan dan kerja sama masyarakat dalam mendorong pembangunan dan investasi di Kabupaten Buol.

Sementara itu, Raja Buol Moh. Syafri Turungku didampingi permaisuri dan keluarga menyampaikan, selamat datang Gubernur Provinsi Sulawesi berserta rombongan.

“Semoga dengan kepemimpinan saat ini bisa menjadi pribadi yang baik dan menjadi pemimpin yang bijak serta menyuarahkan kepentingan rakyatnya, bekerjasama serta membangun Sulawesi Tengah yang lebih maju dan sejahterah untuk mencapai tujuan,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri Pj Bupati Kabupaten Buol, Sekab Kabupaten Buol para kepala OPD lingkup Provinsi Sulawesi Tengah, para pejabat eselon 3 dan 4 lingkup Provinsi Sulawesi Tengah, Forkopimda Kabupaten Buol, tokoh adat, dewan adat serta stakeholder terkait. (red/teraskabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *