MTQ Kasimbar Resmi Dibuka, Gubernur Sulteng: Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Alquran

Kasimbar, Teraskabar.id – Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Kasimbar di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sabtu malam (1/6/2024).

Acara pembukaan yang berlangsung meriah ini dilaksanakan di Desa Sendana dan dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, tokoh agama, khafilah, serta masyarakat setempat dengan semangat dan antusias menyaksikan perhelatan tahunan tersebut.

Turut hadir mendampingi Gubernur di antaranya, para kepala OPD, Kepala Biro Lingkup Pemprov Sulteng, Staf Ahli Gubernur, Pj. Bupati Parigi Moutong, Rektor UIN Datokarama Palu, Kepala Kantor Agama Kabupaten Parimo, serta pejabat terkait lainya.

Dalam sambutannya, Gubernur Rusdy Mastura menekankan pentingnya MTQ sebagai sarana memperkuat nilai-nilai keagamaan dan moralitas di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda.

“MTQ bukan hanya ajang kompetisi, tetapi juga merupakan momentum untuk menumbuhkan kecintaan kita terhadap Alquran serta mempererat tali silaturahmi di antara umat,” ujar Gubernur.

Gubernur juga mengapresiasi kerja keras panitia dan dukungan masyarakat yang telah mempersiapkan acara ini dengan baik. Ia berharap MTQ kali ini dapat melahirkan qari dan qariah berbakat yang mampu bersaing di tingkat provinsi bahkan nasional.

Selain itu, Gubernur Rusdy Mastura mengajak seluruh peserta untuk menjunjung tinggi sportivitas dan kejujuran dalam kompetisi.

“Saya berharap, semangat yang kita tunjukkan dalam MTQ ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat luas dalam memelihara dan mengamalkan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Kegiatan MTQ Kecamatan Kasimbar ini akan berlangsung selama tiga hari, diisi dengan berbagai kategori lomba seperti Tilawah, Hifzhil, dan Tafsir Quran. Para peserta berasal dari berbagai desa di Kecamatan Kasimbar, yang telah melalui seleksi ketat di tingkat desa masing-masing.

Menjelang 3 tahun kepemimpinan Gubernur Rusdy Mastura bersama Wagub Ma’mun Amir membangun Negeri Seribu Megalit, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menunjukkan kinerja positif

Di antaranya, berhasil menurunkan angka kemiskinan ekstrim dari 3.02 persen (2022) menjadi 1,44 persen (2023), Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Sulawesi Tengah mengalami peningkatan sepanjang tiga tahun terakhir yakni dari 70,54 poin (2022) menjadi 71,66 poin (2023), Pertumbuhan ekonomi tertinggi mencapai 13,06 persen jauh di atas rata-rata Nasional yang hanya mencapai 5 persen.

Lanjutnya, realisasi investasi terbesar ke 4 secara Nasional setelah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Jawa Timur, Menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari 3,75 persen (2022) menjadi 2,95 persen (2023), Pendapatan Asli Daerah (PAD) mengalami kenaikan signifikan dari Rp 900 miliar menjadi Rp 2,059 Triliun (2023), SAKIP meningkat dari nilai B menjadi BB serta meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke 11 kali tahun 2024 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah.

“Trend positif tersebut di atas bisa diraih berkat kerjasama dan dukungan semua stakeholder, termasuk unsur forkopimda dan seluruh lapisan masyarakat”, ucap Gubernur Negeri Seribu Megalit dalam kesempatan itu

Acara pembukaan MTQ ditutup dengan pembacaan doa oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Parigi Moutong, diiringi dengan penampilan grup qasidah yang menambah semarak suasana. Masyarakat yang hadir pun dihibur dengan berbagai kegiatan dan pameran produk lokal yang diadakan di sekitar lokasi acara.

MTQ Kecamatan Kasimbar diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan kecintaan terhadap Alquran, serta mendorong semangat persatuan dan kesatuan di Kabupaten Parigi Moutong. (Humas Pemprov)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *