Relawan Anies Meradang Diklaim Deklarasikan Anies-AHY di Acara Demokrat Sulteng

Palu, Teraskabar.idRelawan Anies Baswedan di Sulawesi Tengah (Sulteng) meradang dan segera bersikap menyusul klaim 21 Relawan Anies mendeklarasikan dukungannya terhadap Anies Baswedan- Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024.

Untuk diketahui, deklarasi dukungan dalam bentuk pernyataan sikap yang dibacakan oleh Soemarno Wahab tersebut berlangsung saat Dialog Rakyat, Ngopi Bareng Rakyat yang dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulteng di Tanaris Coffe Jalan Juanda Kota Palu, Selasa (28/2/2023).

Temu kader dan simpatisan Partai Demokrat yang dikemas dalam bentuk Dialog Rakyat, Ngopi Bareng Rakyat, dihadiri Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono didampingi istri yang juga Ketua Umum Srikandi Demokrat Larasati Annisa Pohan, serta Sekretaris Umum DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya.

Dipenghujung kegiatan Ngopi Bareng Rakyat itu, Soemarno Wahab yang mengklaim dirinya sebagai perwakilan Relawan Anies Baswedan tampil membacakan pernyataan sikap mendukung pasangan Anies- AHY maju di Pilpres 2024. Pernyataan sikap tersebut diklaim mewakili 21 simpul relawan Anies Baswedan di Sulawesi Tengah, termasuk Relawan Emak-Emak Anies (Manies).

Dan, Sumarno sebelum membacakan pernyataan sikap dukungan pasangan Anies-AHY mengaku telah berkoordinasi dengan Sekretaris Umum DPD Partai Demokrat Sulteng Hidayat Pakamundi.

Relawan Anies Meradang Diklaim Deklarasikan Anies-AHY di Acara Demokrat Sulteng
Ketua Relawan Manies Sulteng, Danawira Asri mengklarifikasi soal pernyataan sikap mendukung AHY berpasangan dengan Anies Baswedan yang diklaim mewakili 21 simpul relawan Anies di Sulteng. Foto: Teraskabar.id

Manies yang disebut secara gamblang oleh Soemarno pada pernyataan sikap dukungan terhadap pasangan Anies-AHY, melalui Ketua Umum Manies Sulteng, Danawira Asri di hadapan sejumlah wartawan mengklarifikasinya.

Baca jugaAnies Kunjungi DPP Demokrat, Bergema Teriakan “Anies-AHY”

Danawira menegaskan, Relawan Manies dan seluruh simpul relawan tidak memiliki kewenangan untuk mengintervensi siapa pasangan Anies Baswedan di Pilpres 2024. Ranah penentuan siapa pasangan Anies Baswedan di kontestasi Pilpres 2024 kata mantan anggota DPRD Kota Palu itu, merupakan kewenangan partai koalisi.

“Jadi saya tegaskan, kami relawan tidak memiliki kewenangan untuk membahas siapa pasangan Anies Baswedan di Pilpres karena itu merupakan kewenangan partai koalisi. Relawan hanya bertugas bagaimana mengantarkan Anies Baswedan menjadi presiden, siapapun wakilnya,” kata Danawira saat konferensi pers di Warkop Anies Jalan Moh Yamin Kota Palu, Jumat (3/3/2023).

Makanya, Danawira menegaskan, karena relawan tidak memiliki kewenangan untuk ikut campur dalam persoalan siapa pasangan Anies Baswedan. Sehingga, ia memberi warning kepada seluruh relawan Manies di Sulteng untuk tidak main-main dalam persoalan ini.

Ia bahkan mengaku, tak segan segera memecat terhadap oknum anggotanya yang terbukti ikut serta dalam konspirasi pemberian dukungan Anies- AHY di acara Partai Demokrat yang dikemas dalam Ngopi Bareng Rakyat di Tanaris Coffe Kota Palu. Terlebih lagi, Partai Demokrat belum memberikan dukungan secara resmi kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

“Dua hari sebelum acara Demokrat di Tanaris Coffe, saya ditelpon untuk hadir tapi saya sampaikan kalau kapasitasnya sebagai relawan Anies, ia tak bisa hadir,” ujarnya.

Sikap tegas itu sebagai bentuk tanggungjawab moral terhadap suasana kebatinan seluruh relawan Anies Baswedan di Sulteng yang merasa telah dikhianati atas klaim 21 Relawan Anies mendukung pasangan Anies-AHY. Selain itu, juga early warning bagi Relawan Anies Baswedan untuk mengantisipasi agar persoalan di Sulteng, tidak terulang di daerah lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *